Mengenal Astanga Vinyasa Yoga

Mengenal Astanga Vinyasa Yoga

Astanga, atau kadang-kadang dieja Yoga Ashtanga sebenarnya diajarkan hari ini oleh seorang pria bernama Sri K. Pattabhi Jois, di Mysore, India. Dia telah membawa astanga yoga ke barat sekitar 25 tahun yang lalu dan masih mengajar hari ini pada usia 91 tahun. Yoga Astanga dimulai dengan penemuan kembali naskah kuno Yoga Korunta. Ini menggambarkan sistem yoga Hatha yang unik yang dipraktikkan dan diciptakan oleh orang bijak kuno Vamana Rishi. Itu diyakini sebagai asana asli yang dipraktikkan yang dimaksudkan oleh Patanjali.

Yoga Korunta menekankan vinyasa, atau gerakan sinkronisasi napas, di mana seseorang mempraktikkan postur dengan pola pernapasan spesifik yang terkait dengannya. Teknik pernapasan ini disebut ujayyi pranayama, atau nafas kemenangan, dan ini adalah proses yang menghasilkan panas internal yang intens dan keringat yang banyak yang memurnikan dan mendetoksifikasi otot dan organ. Ini juga melepaskan hormon dan nutrisi yang bermanfaat, dan biasanya dipijat kembali ke dalam tubuh. Nafas memastikan sirkulasi darah yang efisien. Hasilnya adalah sirkulasi yang meningkat, tubuh yang ringan dan kuat dan pikiran yang tenang.

Ada urutan yang tepat untuk diikuti ketika berlatih yoga Astanga. Seseorang harus lulus dari satu urutan postur untuk pindah ke yang berikutnya. Seri Utama (Yoga Chikitsa) mendetoksifikasi dan meluruskan tubuh, memurnikannya agar racun tidak tersumbat. Seri Menengah (Nadi Shodhana) memurnikan sistem saraf dengan membuka dan membersihkan saluran energi, memungkinkan energi untuk melewatinya dengan mudah. Seri A, B, C, dan D (Sthira Bhaga) yang canggih memadukan keanggunan dan stamina latihan, yang menuntut fleksibilitas tinggi.

Yang terbaik adalah menemukan guru yang terlatih dan berpengetahuan untuk membantu Anda melalui disiplin ini. Ini adalah latihan intensif yang ketat, enam hari seminggu. Anda dijamin menemukan kedamaian batin dan kepuasan dengan setiap napas yang Anda ambil.