Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lakukan Ini Agar Paket Barang Kiriman Lebih Aman

Paket Kiriman

Seiring meningkatnya pertumbuhan bisnis disektor jual beli online seperti saat ini, salah satu jasa yang secara tidak langsung ikut meningkat adalah jasa pengiriman barang atau jasa ekspedisi.

Saat ini pengiriman barang menjadi semakin mudah dan lebih cepat. Walaupun Anda ingin melakukan pengiriman internasional ke luar negeri, kini tetap bisa dilakukan dengan baik dengan beberapa syarat tertentu.

Sering kita jumpai pemberitaan terkait barang yang rusak diperjalanan ketika dikirim. Besar kemungkinannya hal tersebut karena kurang teliti dalam pengemasannya. Jadi, untuk meminimalisir hal tersebut untuk paket kiriman Anda, simak beberapa tips berikut ini agar barang kiriman Anda bisa sampai dengan cepat dan selamat sampai tujuan.

Tips Agar Paket Barang Kiriman Lebih Aman

Isi formulir pengiriman secara jujur

Setiap akan melakukan pengiriman barang, kita akan mengisi formulir terkait isi dan tujuan paket tersebut. Ada baiknya jika Anda juga menambahkan keterangan paket terkait nama, alamat dan kontak yang bisa dihubungi, agar paket Anda bisa sampai tujuan dengan cepat.

Ketika menambahkan label keterangan, usahakan jangan sampai ada kesalahan seperti penulisan alamat yang kurang lengkap ataupun kesalahan pada nomor telepon yang dicantumkan.

Pastikan juga Anda mengisi formulir dengan jujur terkait isi barang kiriman tersebut. Agar pihak ekspedisi pun tidak mencurigai barang kiriman Anda.

Lakukan pengemasan barang dengan baik dan aman

Banyak pihak yang melakukan pengemasan barang kiriman dengan apa adanya tanpa menyertakan tambahan pelindung untuk barang tertentu yang mudah pecah seperti gadget atau benda lain yang berbahan dasar kaca.

Ketika barang mulai diproses untuk dikirim ke tempat tujuan, kita tidak pernah tahu apa yang terjadi selanjutnya terhadap barang tersebut ketika diperjalanan. Berbagai macam goncangan tak terduga sering terjadi ketika pengiriman, untuk itu kemaslah barang kriiman dengan baik dana man.

Jika diperlukan, Anda juga bisa menambahkan tambahan packing pengaman seperti kayu, gabus styrofoam dan tambahan bubblewrap untuk melindungi barang yang akan dikirimkan. Jangan lupa juga untuk menambahkan keterangan “Fragile atau barang mudah pecah”, “Hadapkan keatas” dan sebagainya.

Tambahkan opsi asuransi pengiriman

Biasanya, jika jenis barang yang dikirimkan mudah pecah dan bernilai tinggi, pihak ekspedisi akan menawarkan asuransi pengiriman. Pastikan Anda mengambil opsi tersebut untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu diperjalanan terkait barang kiriman Anda.

Terlebih jika Anda melakukan pengiriman barang secara internasional antar negara seperti pengiriman barang dari Arab Saudi ke Indonesia ataupun antar negara lainnya.

Walaupun akan dikenakan sedikit tambahan biaya, itu akan setimpal dengan perasaan yang akan lebih tenang karena engan adanya asuransi akan membuat Anda merasa nyaman sampai barang sampai tujuan tanpa takut hilang atau rusak. Jika hal tersebut terjadi, maka pihak asuransi akan menggantinya sesuai dengan peraturan dan kesepakatan yang disetujui terkait pergantian nilai barang.

Nah, jika Anda akan mengirimkan barang kemanapun itu, Anda bisa menerapkan hal-hal diatas untuk mengamankan barang kiriman Anda. Semoga bermanfaat.